Thursday, November 27, 2014

Label Artikel :

Penjelasan Counter Dalam Trading Card Game Yugioh

trading card game
Pernahkah kalian mendengar kata "counter" atau membacanya pada effect kartu yugioh ?
Apakah kalian tau apa itu counter ? counter adalah penanda yang diletakkan pada sebuah kartu, kartu tersebut bisa monster card, spell card, maupun trap card.

Supaya lebih jelas, coba kita perhatikan effect dari monster Ballon Lizard berikut

Put 1 counter on this card during each of your Standby Phases. When this card is destroyed, inflict damage to the controller of the card that destroyed it equal to the number of counters X 400 points. 

Pada monster tersebut tertulis kita harus meletakkan 1 counter setiap standby phase kita, lalu jika kartu ini hancur, pemain yang menghancurkannya akan mendapatkan damage setara dengan jumlah counter x 400.

Jadi, jika ada 5 counter pada kartu ini, maka pemain yang menghancurkan kartu ini akan mendapatkan 5 x 400 = 2000 Damage




jadi fungsi counter disini sebagai penanda atau penghitung dari sebuah effect kartu, counter ini bisa dibutuhkan atau tidak tergantung dari effect kartunya.

Terus untuk memberikan counter kepada sebuah kartu pake apa ?
biasanya untuk memberi tanda kepada sebuah kartu bahwa kartu tersebut memiliki counter adalah dengan menggunakan glass beads, paper clips, atau angka pada dadu.     

pada beberapa kartu, ada counter yang memiliki nama lain, misalnya spell counter, fungsinya tetap sama, hanya namanya saja yang berbeda.
contoh kartu yang menggunakan spell counter :

If this card is Normal Summoned: Place 1 Spell Counter on it (max. 1). This card gains 300 ATK for each Spell Counter on it. You can remove 1 Spell Counter from this card, then target 1 Spell/Trap Card on the field; destroy that target.

jika monster ini di-normal summon, letakkan 1 spell counter (maksimal 1). kartu ini mendapatkan 300 atk untuk setiap spell counter yang ada pada kartu ini. kamu boleh menghilangkan 1 spell counter untuk menghancurkan satu kartu di field.









Sekian penjelasan saya
Salam Duelist.!
 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar, pertanyaan, maupun kritikan terhadap posting kami. :)

 

Copyright © YU-GI-OH AREA™ is a registered trademark.
Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.